Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang dan Ciri-cirinya

Jelaskanpengertian.comBalik lagi di blog edukasi kami Jelaskan Pengertian. Pada pembahasan yang lalu kita telah coba jelaskan pengertian halalan thayyiban dan pengertian hari kiamat dilengkapi dengan beberapa dalil pendukungnya. Nah pada kesempatan kali ini seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan coba jelaskan pengertian ruang, dan beberapa materi yang masih terkait dengan ruang dan interaksi antar ruang.

Jelaskan pengertian ruang dan interaksi antar ruang
Jelaskan pengertian ruang dan interaksi antar ruang

Jelaskan Pengertian Ruang! 

Secara sederhananya, ruang adalah suatu tempat, wadah, atau ceruk yang berada di wilayah darat, laut, hingga udara. Di dalam suatu ruang, baik itu manusia maupun makhluk lainnya akan melakukan beragam aktifitas, dengan tujuan memenuhi segala bentuk kebutuhan dan keinginannya.

Ditinjau dari fungsinya, setidaknya ada 4 jenis ruang, yaitu : ruang publik, ruang privat, ruang servis, dan ruang ruang sirkulasi. Adapun mengenai pengertian ruang di dalam pelajaran IPS yang biasa dibahas yaitu ruang dan interaksi antar ruang. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas semuanya satu persatu di bawah ini.


Pengertian Interaksi Antar Ruang 

Interaksi antar ruang yaitu aktifitas atau pergerakan manusia (individu), atau barang, ataupun informasi, dari satu tempat ke tempat lain, atau dari sebuah daerah asal, menuju daerah tujuan lainnya. Agar sebuah interaksi antar ruang dapat terjadi dan berjalan dengan baik, dibutuhkan beberapa elemen dasar, seperti: complementarity (saling melengkapi), intervening opportunity (kesempatan antara), dan transferability (kondisi yang dapat dipindahkan).

Tanpa elemen dasar ini, interaksi antar ruang mungkin tidak akan dapat terjadi, dan akan menimbulkan kegagalan.


Pengertian Ruang Publik

Ruang publik yaitu suatu ruang atau tempat umum, di mana di dalamnya terjadi interaksi atau mekanisme komunikasi antar masyarakat. Ada banyak sekali bentuk atau contoh ruang publik, seperti : ruang tunggu, lapangan, auditorium, aula, lobby, ruang pameran, toko, kios, dan segala ruangan yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Diantara kriteria atau ciri-ciri dari ruang publik seperti:

  1. Bisa diakses oleh siapa saja
  2. Kemudahan untuk masuk ke ruangan atau keluar dari ruangan
  3. Memiliki pintu yang besar atau lebar
  4. Umumnya terkoneksi dengan ruang terbuka
  5. Umumnya memiliki plafon yang cukup tinggi
  6. Memiliki ukuran yang lebih luas daripada ruang disekitarnya
  7. Sirkulasi udara diatur sedemikian mungkin agar tidak gerah
  8. Jendela yang besar


Pengertian Ruang Privat

Ruang privat dikenal juga dengan ruang individu. Ruang privat adalah sebuah ruangan yang diperuntukkan kepada individu tertentu untuk menjaga privasi para penggunanya saat beraktivitas. Sesuai fungsinya, ruangan jenis ini bertujuan melindungi segala bentuk kegiatan individu yang terjadi di dalamnya. Adapun contoh-contoh dari ruang privat atau ruang individu, seperti: ruang studio, ruang menyusui, ruang pimpinan, ruang kepala sekolah, kamar tidur, dan masih banyak lagi yang diperuntukkan untuk individu (bukan umum). Mengenai ciri-ciri, berikut di bawah ini beberapa tanda bahwa ruang tersebut adalah ruang pribadi atau ruang privat.

  1. Ukurannya tidak sebesar ruang publik
  2. Jarak antara plafon dengan lantai tidak terlalu tinggi (sedang)
  3. Jauh dari keramaian
  4. Tidak bising atau berisik
  5. Tidak dapat menampung banyak orang
  6. Biasanya pintunya tidak terlalu besar (1 daun pintu)


Pengertian Ruang Servis

Pengertian ruang servis yaitu suatu ruangan yang difungsikan sebagai tempat pendukung, untuk melayani kebutuhan pengguna ruang utama. Kita ambil contoh dari sebuah bangunan atau gedung lapangan basket. Maka ruang servisnya, seperti: ruang ganti pakaian untuk para pemain, kamar mandi, toilet, ruang peralatan, dan sebagainya. Untuk mengenali jenis ruang servis ini, kita dapat amati beberapa ciri khasnya, seperti:

  1. Lokasinya cenderung terletak agak kebelakang gedung utama
  2. Terkesan agak tersembunyi, walau tidak benar-benar tersembunyi
  3. Akses yang mudah
  4. Jalur atau lorongnya sedikit sempit
  5. Memiliki bilik-bilik


Pengertian Ruang Sirkulasi

Sederhananya, ruang sirkulasi ini biasa kita kenal dengan sebutan lorong. Ruang sirkulasi berfungsi menghubungkan antara ruang yang satu, dengan ruang yang lainnya. Ketika seseorang melakukan desain terhadap sebuah ruang bangun atau gedung, perencanaan ruang sirkulasi merupakan salah satu aspek paling fundamental. Semakin baik arsitektur dari ruang sirkulasi, maka efisiensi bangunan akan semakin meningkat pula. Kita dapat mengenali ciri-ciri ruang sirkulasi dari beberapa poin, seperti:

  1. Memiliki susunan ruang yang mudah dimengerti
  2. Sangat tertata dan pola yang mudah diingat
  3. Sederhana dan mampu memberi kesan
  4. Memiliki persediaan peralatan darurat (seperti racun api, dan sejenis) untuk gedung publik


Contoh-Contoh Ruang

Ada banyak sekali contoh ruang yang bisa kita sebutkan. Namun kembali lagi, jenis ruang apa yang ingin kita contohkan? Sebagaimana yang sudah kita jelaskan di atas, ada beberapa jenis ruangan ditinjau dari segi fungsinya. Namun, jika yang ditanya yaitu contoh ruang secara umum, berikut di bawah ini adalah beberapa contoh ruang yang bisa kami susun.

  1. Ruang istirahat
  2. Ruang keluarga atau ruang tamu
  3. Ruang makan atau kantin
  4. Kamar mandi
  5. Toilet
  6. Ruang kerja
  7. Ruang belajar
  8. Ruang bermain
  9. Ruang guru
  10. Ruang labolatorium
  11. Ruang kelas
  12. Ruang eksekusi
  13. Ruang debat
  14. Ruang bahasa
  15. Ruang komputer

Dan masih banyak lagi tergantung dari jenis atau kategori ruang yang Anda inginkan. Karena sejatinya, seperti pengertian ruang yang telah kita jelaskan di atas. Segala tempat di darat, laut atau udara, yang di dalamnya makhluk hidup dapat berinteraksi, tempat tersebut adalah ruang.


Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa sejatinya pengertian ruang tidak terikat secara baku. Pengertian ruang dapat kita definisikan secara fleksibel, selama tidak menyimpang dari makna ruang yang sebenarnya. 

Mungkin ini saja pembahasan yang bisa kami hadirkan kali ini mengenai pengertian ruang, contoh-contoh ruang, dan jenis-jenis ruang ditinjau berdasarkan fungsinya. Semoga bermanfaat dan membantu adik-adik pelajar di mana pun kalian berada. Terima kasih atas perhatiannya, jadikan situs Jelaskan Pengertian sebagai referensi kamu untuk memberikan informasi. Bye

Pelajari materi tentang pengertian adil untuk menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman. Semakin luas wawasan kita, akan semakin baik pula nilai pelajaran kita, karena mampu menjawab setiap pertanyaan.